Kamis, 14 Februari 2008

Kegiatan awal bulan Februari 08....

oleh : Iwan (nulis aja daripada bengong)

Awal bulan Februari ini kegiatan utama saya masih sibuk mengurusi masalah sistem metal organic chemical vapor deposition (MOCVD). Sejak awal bulan Februari sistem belum bener2 fix untuk experiment. Dan kegiatan tersebut tertunda karena liburan imlek. Liburan imlek buat saya menjadikan moment yang berharga untuk bisa pulang ke Indonesia. Kebetulan di saat yang sama ada urusan administrasi di UNJ yang harus diselesaikan.Biasanya kalo saya pulang ke Indonesia saya selalu menyempatkan mengurus hobi saya beternak ayam jago bangkok, diskusi dengan Bapak Ibu, bercengkarama dengan sepupu2, berkunjung ke kantor di daerah Puri Jalan Sawangan Depok, mengurus mobil, dan sedikit meluangkan waktu ngobrol dengan tetangga di komplek. Selain itu, saya sempat juga main ke FMIPA UI pada hari Sabtu tanggal 9 Feb 08, disana saya hanya ngobrol saja dengan teman2 dekat saya.

Saya sedikit cerita tentang pengalaman baru saya di UNJ, saya kebetulan bergabung menjadi staf di jurusan Fisika FMIPA UNJ. Sudah diperkirakan bahwa keadaan di UNJ tentu jauh berbeda bila dibanding dengan UI. Namun demikian, bagi saya itu adalah tantangan untuk bisa memajukan Fisika UNJ atleast bisa exist di dalam riset level nasional. Bila itu dapat konsisten terwujud tidak dimungkinkan Fisika UNJ mampu berkompetisi riset di ajang internasional baik secara indvidual staf yang menggunakan nama UNJ atau secara institusional mampu mengadakan event seminar or conference level regional untuk melangkah ke internasional. Pada kesempatan liburan imlek, saya sempat melihat2 kondisi laboratorium yang dimiliki Fisika UNJ.
Secara pribadi saya memiliki harapan bahwa kelak Fisika UNJ bisa memberikan sebuah kontribusi yang baik terutama dalam memajukan Fisika dari dua sudut pandang yang tidak dapat dipisahkan, yaitu Fisika kependidikan dan non kependidikan. Sebuah perpaduan unik, namun hal itu bisa menjadi ujung tombak UNJ. Bila saya bandingkan dengan National Institute of Education (NIE) di Singapore, mereka juga lebih kurang memeliki sistem yang hampir sama dengan UNJ, yaitu ada dua program kependidikan dan non kependidikan. Namun cita-cita yang diarahkan adalah untuk menciptkan insan yang dapat memajukan dunia riset melalu jalur pendidikan. Mungkin perlu kiranya, institusi di Indonesia yang berkecimpung dalam riset kependidikan belajar dari NIE.

Sekembali dari Indonesia, saya kembali sibuk dengan urusan riset di nanoelecronics lab, sibuk dengan kuliah dan juga mengurus apartemen baru di daerah Jurong West. Ohya, ada hal menarik juga yang saya kerjakan dengan teman saya Yudhiakto yang saat ini sedang studi doktoral di USA. Saat ini kita sama2 mewujudkan sebuah media untuk menyiarkan informasi tentang sain teknologi dan pendidikan. Media tersebut merupakan sebuah reinkarnasi dari media sejenis yang terdistribusi untuk lingkungan sendiri. Dulu kita distribusikan hanya di lingkungan civitas Fisika UI. Media tersebut bernama Foton, nah kini kita menghadirkan media yang hampir sama namun ditujukan untuk semua kalangan dengan cakupan sain teknologi dan pendidikan. Media yang merupakan reinkarnasi dari Foton kami beri nama Exciton. Ada filosofi khusus dibalik pemilihan nama tersebut. Untuk lebih jelasnya kunjungi saja web exciton di :

excitonindo.wordpress.com

At last but not least, sekian dulu informasi dari saya. Happy lunar new year and happy valentine day for all.

2 komentar:

fredy mengatakan...

Assalamualaikum, Mas Iwan ini fredy sama Dik Anna yang Cantik habis jalan jalan pagi terus mampir beli ketoprak & ini mampir ke warnet. Omong omong tentang valentine kayaknya kita musti kritis deh...:) kalao ndak salah Pak Qurais Shihab dah ngingetin kita lewat MUI kalau valentine day hukumnya Haram, menurut Bos gimana?he he...:)Doain kita bisa jadi pulang ke jawa Maret ini ya, Sukses Bos....:)

dyuli mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.